Hai Creatiple!  Siapa sih yang gak kenal sama artis berbakat yang bernama Maudy Ayunda. Selain jago akting dan berkarya di bidang musik, Ia berhasil menyelesaikan pendidikan S1 di Oxford University jurusan Philosophy, Politics, Economics (PPE) hanya dalam kurun waktu tiga tahun dengan nilai sempurna (cumlaude) serta menyelesaikan pendidikan S2 di Stanford University jurusan Administrasi Bisnis dan Pendidikan dalam kurun waktu 2 tahun. Maudy dipercayai sebagai artis yang tepat untuk dikagumi. Pasalnya ia adalah public figure yang cerdas. Tidak hanya menghibur kepada khalayak namun Maudy juga selalu memberikan dampak positif terutama dalam hal pendidikan. Hebat sekali ya, Creatiple!

Setiap individu memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda secara alami. Belajar merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi agar bisa terus berkembang. Ketika Anda sungguh-sungguh melakukannya, maka setiap materi yang dipelajari akan mudah dipahami. Walaupun beberapa orang masih banyak yang merasa kurang efektif untuk memahami materi yang sedang dipelajari.

Belajar secara efektif sebenarnya bukan berarti harus selalu dengan berusaha keras, tetapi identik dengan kegigihan dan kesungguhan hati. Untuk meraih keberhasilan, orang-orang biasanya melakukan pengorbanan seperti membaca dan menghafal, tetapi tak jarang mereka biasanya mengalami kesulitan dalam memahami. Maka dari itu, inilah beberapa tips belajar efektif ala Maudy Ayunda.

  1. Mencatat

Mencatat kembali materi yang sedang dipelajari perlu dilakukan, karena ini akan membantu untuk fokus pada intinya. Tidak perlu mencatat semuanya, Anda hanya catat bagian point penting dalam materi tersebut. Kepikiran gak sih kenapa guru atau dosen kamu sering banget nyuruh kamu buat bikin rangkuman. Ini sebenarnya ada manfaatnya lho. Ketika kamu menulis, kamu pasti sambil membayangkan kalimat seperti apa yang harus ditulis kan. Secara gak sadar, otak kamu bakal merekam kalimat itu yang akhirnya bikin kamu ingat kalimatnya. Makanya penting banget nih kalau kamu bikin catatan dengan gaya bahasamu sendiri. Sesuatu yang dibuat oleh otakmu sendiri terkadang memiliki daya ingat paling kuat lho.

  1. Memahami bukan menghafal

Tips dari Maudy adalah belajar adalah untuk memahami materi yang sedang dipelajari dan bukan menghafal. Menghafal akan membuat Anda menjadi tidak mengerti pada poin inti materinya serta tidak memahami konsep dengan baik. Biar kamu gak menghabiskan banyak waktu, coba kamu fokus pada materi yang belum kamu paham. Cara belajar yang satu ini paling efektif nih kalau ada banyak materi yang belum ter-cover untuk kamu pelajari. Setidaknya kamu bisa mengatasi kelemahan kamu dan ada sedikit materi yang kamu ingatlah.

  1. No Phone or distraction

Agar selalu fokus pada materinya, tips dari Maudy hindari menggenggam ponsel atau alat elektronik lainnya. Bagi Maudy ketika ada distraksi akan sulit untuk konsentrasi belajar. 

  1. Take a Break

Maudy juga mengatakan bahwa perlu untuk istirahat sejenak agar otak dapat kembali fresh. Menurut seorang penulis bernama William H. Armstrong dari Amerika yang terdapat dalam bukunya yang berjudul Study is Hard Work, arti kata belajar keras juga ternyata membahayakan nyawa. Oleh karena itu, lebih baik Anda mencari udara segar atau melakukan kegiatan santai agar pikiran kembali jernih.  Hal tersebut akan membantu otak untuk kembali segar. Lakukan aktivitas menyenangkan seperti menjalankan hobi dalam jeda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *